Jumat, 12 April 2013

BELAJAR PERSAMAAN GERAK

PERSAMAAN GERAK

            A. Posisi Partikel pada suatu bidang
           
Vektor posisi, merupakan suatu vektor yang menyatakan letak dari suatu titik. Posisi suatu partikel yang bergerak dapat dinyatakan:    r  = xi + yj
dengan i dan j sebagai vektor satuan.  Besar atau panjag r dapat  dapat dihitung dengan  menggunakan rumus Phytagoras yaitu : r  = (x2 + y2 ).    Diskusikan makna firman Allah QS. Al-An’am (6): 153 yang artinya: “153. dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalanKu yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain)[152], karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalanNya. Yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa.” [521]. Maksudnya: janganlah kamu mengikuti agama-agama dan kepercayaan yang lain dari Islam.
B. Kecepatan dan Kelajuan
Kecepatan rata-rata V;  besar perpindahan suatu partikel tiap satuan waktu yang dinyatakan v = dv/dt.   Untuk benda yangbergerak pada bidang xy berlaku: v = (dx/dt + dy/dt)
Besar v = (v2x + v2y).
            Jika saat mencari kecepatan kita menurunkan fungsi posisi, maka untuk mencari posisi dari kecepatan kita harus menggunakan metode integral. Seperti berikut ini.
i)   S (t) = So+toòt1v (t)dt;  ii) X (t) = xo+toòt1vx (t)dt; iii) Y (t) = Yo+toòt1vy (t)dt
C. Percepatan dan Perlajuan
            Percepatan a;  perubahan kecepatan tiap satuan waktu. a = Dv /Dt  atau a = dv /dt
            Jika posisi diketahui, maka percepatan dapat dihitung dengan rumus: a =d2S/dt2
            Jika benda bergerak pada sumbu xy, maka berlaku :    a = √ (ax2 + ay2).
D. Hubungan X, v, dan a :


Contoh di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar